Posts

MEMBUAT MENU UTAMA MENGGUNAKAN APLIKASI NETBEANS IDE 8.2

Image
  Hyyy welcome back to my bloggg :)) kali ini kau bakal jelasin cara buat menu utama untuk suatu program penjualan dengan menggunakan aplikasi netbeans. apa itu netbeans? jadi netbeans  adalah suatu serambi pengembangan perangkat lunak yang ditulis dalam bahasa pemrograman Java. pertama buka projek yang sudah dibuat di minggu semalam disini saya menyimpannya dengan projek 2, kemudian dengan packages tampilan > klik kanan > Jframe form Pada field class name beri nama Menuutama atau jika kalian ingin memberi spasi maka dapat ditulis Menu_utama lalu klik finish. Selanjutnya kita akan memasang Menu bar sebagai menu utama dari aplikasi kita yaitu aplikasi penjualan Market Mama Tria. kemudian desktop pane sebagai container atau background dari aplikasi kita. Caranya adalah pertama klik menu bar pada palette swing menu bar > panel > tarik kearah sudut frame kemudian lebarkan. Untuk mengubah warna pada desktopnya kita dapat mengubahnya dengan mengklik kanan > properties...

Menampilkan hallo dunia di aplikasi netbeans

Image
  Hallooo semuanya xixi   Gimana kabar kalian hari ini? Semoga tetap sehat dan dijauhkan dari omicron yaa hehe Nahh jadi diblog kali ini aku bakal jelasin cara buat nampilin hallo dunia dengan IDE Netbeans sesuai dengan materi hari ini yaitu pemograman berbasis objek. Jadi sekarang aku bakal jelasin dulu apa sih netbeans itu Netbeans merupakan sebuah aplikasi Integrated Development Environment (IDE) berbasis Java dari Sun Microsystems yang berjalan di atas swing. Swing sendiri adalah sebuah teknologi Java untuk pengembangan aplikasi dekstop yang dapat berjalan di berbagai macam platform seperti windows, linux, Mac OS X dan juga Solaris. Jadi saat kita menggunakan netbeans kita menggunakan bahasa pemrograman Java. Okayy sekarang aku bakalan jelasin langkah kerjanya   Pertama yang pasti download dulu aplikasi netbeans, disini menggunakan aplikasi netbeans yang versi 8.2 ya. Sebelum didownload pastikan Java nya juga sudah ter-install ya. Gambar aplikasi netbeans Setela...

Membuat Bubble Sort Dengan Bahasa Pemograman C

Image
 Hyyy welcome back to my blog :) Di blog kali ini kita bakal buat program menggunakan metode bubble sort. Apakah itu metode bubble sort? Jadi bubble sort adalah metode pengurutan algoritma dengan cara penukaran data secara berangsur-angsur sampai bisa dipastikan tidak ada lagi perubahan atau penukaran. Algoritma ini akan mengurutkan data dari terbesar ke yang terkecil (descending) atau sebaliknya (ascending). Secara sederhana bubble sort itu adalah pengurutan data dengan cara menukarkan data dengan data dengan data disebelahnya secara terus-menerus. *Tahapan Bubble sort  Tahap pertama adalah pembandingan bilangan yang pertama dengan n bilangan yang lainnya. Apabila ditemukan bilangan yang lebih kecil daripada bilangan yang pertama tadi, maka bilangan tersebut akan ditukar tempatnya sehingga sekarang bilangan yang lebih kecil tersebut akan menempati posisi pertama. Sebelum ditukarkan maka bilangan tersebut akan ditampung dalam sebuah variabel. Proses pembandingan tersebut akan ...

MEMBUAT LOOPING DENGAN BAHASA PEMOGRAMAN JAVA

Image
HAIIIII      Gimana kabar kalian, semoga tetap dalam keadaan sehat yaa :'v okay balik lagi di blog aku, di blog kali ini kita bakal bahas perulangan for dengan menggunakan bahasa pemograman Java. Disini aku bakal ngasih dasar statement loop yang bisa digunakan dalam kode Java.  for(int i =0; i<10; i++) ~int i = 0 merupakan pendeklarasian dan awal variabel kontrolnya (declaring and initializing control variable) ~i < 10 merupakan pengecekan kondisinya (checking condition) ~i++ merupakan operasi increment atau penjumlahannya (incrementing loop control variable) contoh source code nya adalah : public class LoopingFor { public static void main (String[] args){ for ( int i = 10; i >0; i --){ System.out.println(" Looping sekarang ada di "+i); } } } maka hasilnya akan sebagai berikut Nah sekarang untuk melengkapi materi di perkuliahan maka saya akan menunjukkan cara membuat bentuk pohon segitiga dengan nilai dari inputan user. source code adalah sebagai berikut...

Membuat Program Pola Bintang Segitiga menggunakan Perulangan For

Image
Welcome to my blog Oke, sesuai judulnya disini kita bakalan bahas cara membuat segitiga dengan pola bintang menggunakan perulangan for. Diatas adalah shortcutnya. Disini saya akan mencoba menjelaskan mengenai shortcut diatas. Jadi #include<stdio.h) untuk membaca input atau output atau agar bisa menggunakan printf kelayar monitor kita, lalu int main(void) merupakan fungsi yang harus terdapat terdapat pada program C agar dapat berjalan. Didalam program tersebut juga terdapat variabel i, z, dan c. Setelah itu saatnya masuk ke fungsi perulangan fornya: 1. for (i=5; i>=z; i--) artinya kita memberi nilai awal i-nya adalah 5 lalu i = i-1, atau dilakukan pengurangan i sebanyak 1.  lalu syaratnya i akan terus melakukan perulangan hingga syarat i >=z tidak terpenuhi, z diatas bernilai 0 berarti akan terus melakukan perulangan dari i nya yang bernilai 5 hingga bernilai 0 lalu diberikan tanda kurung kurawal  untuk menandakan ada blok selanjutnya. Setelah itu kita masuk ke for ya...

ALGORITMA PEMOGRAMAN STRUKTUR PEMILIHAN

Image
 HY GUYSSSS Welcome back to my blog, hem lama gak upload ya wkwk, maklum sibuk, tugas ngampus bejibun :/ okey guys di blog aku kali ini kita bakal pelajarin algoritma pemograman dengan struktur pemilihan, pada struktur pemilihan ini kita menggunakan fungsi if else.       Bentuk diatas adalah sourcecode untuk program yang akan kita kerjakan yaitu pengisian variabel a dengan karakter b, dengan struktur pemilihan. fungsi scanf diatas adalah fungsi yang digunakan untuk menginput nilai dari user. Jadi apabila user menginput karakter "r", maka akan muncul kalimat "Anda telah memilih a" dan apabila user menginput karakter karakter lain selain r ,maka akan muncul kalimat "Anda telah memilih yang lain". Pada program diatas kita menggunakan  void main yang artinya program tersebut tidak memiliki nilai balikan dan  menggunakan tipe data char atau karakter. Hasil compile nya akan menjadi seperti ini     jadi demikianlah penjelasan mengenai algoritma pemo...

Kesimpulan Materi Praktik Algoritma Politeknik Kampar

Image
  Hello everyone, welcome back to my blog, sorry ya lama gak upload :'v gimana nih kabar kalian?, semoga kalian semua tetap sehat dan selalu bahagia ya hehe, oke guys di blog aku kali ini, aku bakal bahas kesimpulan dari materi praktik algoritma hari ini, tepatnya pada tanggal 14 Desember 2021. Oke tanpa basa-basi lagi yuk kita bahas ya. Pertama apa sih program komputer itu sebenarnya, jadi program itu adalah seperangkat instruksi yang diberikan kepada komputer untuk melaksanakan atau menyelesaikan suatu persolan. Instruksi tersebut harus ditulis dalam bahasa pemograman sehingga dapat dimengerti oleh komputer. Instruksi yang ditulis dalam bahasa pemograman disebut source code atau source program yang dibaca oleh manusia (human readerable) agar instruksi tersebut dapat dilaksanakan komputer maka source code tersebut harus diterjemahkan dalam bahasa yang dapat dimengerti oleh komputer (machine code).  Orang yang membuat program disebut programmer. Nah pada materi ini kita mempel...